Pada dasarnya penggunaan
peralatan dan jenis formulir di hotel berbeda-beda tergantung pada sistem
operasional yang digunakan, kebutuhan/kegunaan dan kebijakan hotel tersebut.
Semakin canggih sistemoperasional hotel, semakin canggih pula alat yang digunakannya
begitu pula pada sistem operasional semi otomatis, tidak digunakannya komputer,
tetapi menggunakan alat bantu sederhana berupa rak. Pada sistem operasional
manual menggunakan peralatan manual & telepon dengan jumlah tertentu, serta
counter reception.
a. Peralatan
yang digunakan untuk sistem hotel semi otomatis
·
Front office counter
Counter adalah meja panjang
yang digunakan untuk menerima kedatangan tamu dan tempat menyimpan sebagian
peralatan dan perlengkapan kantor depan.
Gambar
Front Office Counter
·
Room rack/rak status kamar
Dalam sistem operasional hotel
semi otomatis, room rack berfungsi untuk mengetahui setiap saat status kamar,
room rack ini disusun berdasarkan no kamar & lantai kamar, untuk mengetahui
status kamar maka digunakan kode warna merah untuk
kamar yang Occupied (dihuni),
serta diberi tanda kertas kecil (room rack slip/guest slip) yang akan
diselipkan pada room rack untuk mengetahui data tamu yang menginap. Warna
kuningmenunjukkan
kamar yang Vacant Dirty yang
artinya kamar tersebut kosong dan masih kotor sehinga belum bisa dijual, warna
bening untuk kamar yang bisa dijual atau Available
Room.
Status kamar lainnya seperti sleep out, out of order, occupied no luggage akan
diberi tanda dengan menyelipkan slip/kertas kecil yang bertuliskan status SO
(Sleep out), OOO (Out Of Order), OOS (Out of Service) atau ONL
(Occupied No Luggage).
Gambar
Room rack
·
Information rack
Rak informasi berguna untuk
mengetahui nama tamu yang menginap di hotel, penyusunan rak ini berdasarkan
alpabet nama tamu. Ketika ada tamu yang check in maka akan dibuatkan guest slip
yang diselipkan pada room rack dan information rack. Rak ini biasanya terdapat
di bagian telepon operator dan housekeeping/tata graha.
·
Reservation rack/rak
pemesanan kamar
Rak pemesanan kamar berada di
bagian reservasi, rak ini adalah tempat untuk menempatkan reservation slip,
penyusunan rak ini berdasarkan tanggal kedatangan tamu menginap dihotel serta
jenis tamu.
·
Key and Mail rack/rak kunci
kamar dan surat
Rak ini berfungsi untuk
menyimpan kunci kamar dan pesan untuk tamu. Key & mail rack ini sudah
jarang ditemukan pada hotel yang besar dan hotel yang menggunakan sistem
komputer. Hal ini dikarenakan jarang digunakannya kunci pintu kamar manual,
tetapi menggunakan kunci yang berbentuk kartu (key card/ving card) sehingga
tidak memerlukan tempat khusus untuk menyimpannya. Begitu juga untuk
penyimpanan surat atau pesan untuk tamu tidak memerlukan tempat khusus
karena setiap ada pesan/surat untuk tamu akan dihubungi ke kamar atau diantar
ke kamar.
Gambar
Key And Mail Rack
b. Peralatan
yang digunakan untuk sistem hotel otomatis/komputer
·
Komputer
Di jaman yang sudah canggih
ini, penggunaan komputer sangat penting karena komputer mempunyai kelebihan
dibandingkan dengan sistem manual atau semi otomatis, kelebihannya antara lain
data yang ada lebih akurat, waktu penyimpanan data yang lebih lama dan
pengaksesan data yang lebih cepat. Sistem operasional hotel komputer yang
digunakan banyak jenisnya tergantung pada kebutuhan hotel, seperti contoh
banyak hotel yang menggunakan sistem Maxial, Fidelio/Micros, Hotel Pro, Realta,
HIS dsb.
·
Bill rack
Rak untuk menyimpan tagihan
tamu beserta supporting bill (bon pendukung)nya, rak ini disusun berdasarkan
nomor kamar tamu.
Gambar
Bill rack
·
Safe Deposit Box
Safe deposit box/kotak tempat
menyimpan barang berharga milik tamu seperti: passpor, dokumen, perhiasan, uang
dll. Fasilitas penyimpanan ini tidak dikenakan biaya jika tamu tersebut
menginap dihotel, apabila tidak menginap dihotel maka akan dikenakan biaya
penyewaan yang besarnya tergantung dari lamanya penyewaan safe deposit box.
Safe deposit box ini terletak tidak hanya di dekat counter Front Office tetapi
umumnya juga tersedia didalam kamar.
Gambar
General Safe Deposit Box
·
Paging Board
Paging board adalah papan yang
digunakan untuk mendapatkan tamu di sekitar lobby atau di restoran, apabila ada
tamu yang mencarinya atau ada sambungan telepon untuknya, perlengkapan
pendukung paging board yaitu bel yang berfungsi untuk menarik perhatian tamu.
Gambar
Paging Board
·
Pigeon Hole
Berguna untuk menyimpan
surat/memo untuk internal hotel, segala surat yang didistribusikan ke bagian
kantor depan akan disimpan di rak ini yang kemudian akan dibaca oleh seluruh
petugas kantor depan sebagai informasi terkini
Gambar
Pigeon Hole
·
Telephone
Telepon berfungsi sebagai alat
komunikasi bagi seluruh staf dalam hal berkoordinasi untuk memenuhi kebutuhan
dan keinginan tamu.
·
Fax machine/mesin fax
Fax merupakan salah satu alat
komunikasi yang penting digunakan dihotel, karena pada masa sekarang ini
media/alat bisnis yang paling sering digunakan dan relatif murah adalah dengan
meggunakan mesin fax. Fax ini akan menerima salinan surat yang dikirim oleh si
pengirim persis sama dengan surat yang dibuatnya.
Gambar
3.13. Mesin fax
·
Key Drop Box
Ketika tamu tidak berada di
kamarnya sebaiknya ia menitipkan kunci kamar di bagian reception untuk
menghindari kehilangan serta diketemukannya kunci oleh orang lain. Key drop box
ini berupa kotak yang berada di counter dan diberi lubang
kecil untuk memasukan kunci yang dititipkan.
·
PABX
PABX (Private Automatic Branch
Exchange) adalah alat utama yang digunakan di bagian operator telepon, alat ini
berupa telepon yang terdiri dari tombol-tombol serta dilengkapi dengan head set
dan pengeras suara untuk menerima sambungan telepon masuk atau melakukan
sambungan keluar hotel.
Gambar
PABX system
·
Luggage trolley
Lugagge troley digunakan oleh
porter/bellboy yang berfungsi untuk membawa barang bawaan tamu yang jumlahnya
relatif banyak, ada beberapa macam trolley yang dikenal dengan bellhop,
president, gemini.
Gambar
Luggage Trolley
·
Key Encoder Machine
Alat ini berguna untuk
memprogram kunci kamar, cara penggunaan alat ini dengan memasukan nomor kamar
dan masa berlakunya kunci yang biasanya diprogram sampai dengan tanggal
keberangkatannya, alat ini dapat membuat kunci kamar duplikat jika tamu yang
berada di kamar lebih dari satu orang, jenis kunci yang dipergunakannya adalah
kunci yang berbentuk kartu yang juga bisa di program beberapa kali untuk tamu
yang berbeda.
Gambar
Key encoder machine
·
Credit Card Imprinter
Adalah alat untuk mencetak data
yang ada di kartu kredit seperti nama tamu, nomor kartu dan masa berlakunya
kartu. Pada era sekarang ini penggunaan alat ini sudah jarang karena
digunakannya Electronic Data Capture (EDC) machine sebagai
pengganti fungsi credit imprinter ini, namun alat ini digunakan jika
jalur/line EDC machine mengalami kerusakan.
Gambar
Credit card imprinter
·
EDC (Electronic Data
Capture) Machine
Berfungsi untuk mencetak
kartu kredit tamu, jika pembayaran yang digunakan kartu kredit.
Apabila dana yang diminta hotel disetujui oleh pihak bank dan bank akan
memberikan nomor persetujuan yang akan tertera pada slip/kertas kartu kredit.
Jika bank tidak menyetujui maka akan terlihat tulisan pada
display EDC seperti expired card/kartu sudah tidak
berlaku atau do not honour yang disebabkan tagihan kartunya melebihi batas yang
ditentukan oleh bank.
Gambar
EDC Machine
·
Formulir
Penggunakan formulir dibagian
kantor depan hotel tidak harus sama bentuknya di hotel, namun kolom atau data
yang ada di dalam formulir tidak terlalu berbeda, ada formulir yang
digunakan di hotel satu namun tidak digunakan dihotel lainnya,
dengan kata lain penggunaan formulir tergantung kebutuhan hotel
masing-masing. Formulir yang umumnya terdapat di bagian kantor depan:
·
Registration form
·
Guest card
·
Meal coupon
·
Welcome drink card
·
Guest slip
·
Cash receipt
·
Reservation form
·
Reservation slip
·
Reservation of confirmation letter
·
Bellboy errand card
·
Luggage tag
·
Baggage claim check
·
Parking valet card
·
Change room or rate form
·
Sleep out form
·
Miscellanous form
·
Paid out form
·
Rebate form
·
Bellboy control sheet
·
Message form
·
Safe deposit box card
·
Guest history card
·
Foreign exchange form
·
VIP daily list
·
Today expected arrival list
·
Arrival list
·
Guest in house list
·
Departure list
·
No show list
·
Cancellation list
·
Group rooming list
·
Courtessy call list
·
Onward Reservation Form (for Hotel chain)
·
Incognito/Full Incognito Forms
·
Fruit/Flower Requisition Form
·
Guest Birthday Form
·
Towels Form (for Swimming Pool)
·
Taxi Card
Terimakasih banyak.
BalasHapusSemoga lancar, berkembang , sukses & berkah.
Terimakasih ibu. Materinya sangat membantu untuk kami mahasiswa ibu
BalasHapus