Selasa, 26 September 2017

Reception






LAYANAN AKOMODASI RECEPTION




Hasil gambar untuk reception hotel





                                                     
                                                               




ROZI YULIANI, S.STPar, MM

I. KATA PENGANTAR



Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat, taufik dan hidayahNya sehingga modul Prosedur Penerimaan Tamu Tiba Tanpa Pemesanan Kamar ini dapat diselesaikan.

Tanpa mengurangi makna yang terkandung dalam modul ini kiranya dapat berkenan dan berguan bagi seluruh siswa dan pembaca yang ingin dan berminat untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang Perhotelan khususnya Front Office sehingga dapat memberikan sumbangsih dalam rangka peningkatan kualitas bangsa.

 Modul ini disusun sesederhana  mungkin agar dapat dipelajari dan dipahami dengan mudah . Kesabaran dan ketelitian serta kerajinan dalam menyimak dan mempelajari setiap informasi dalam modul ini diharapkan dapat menyerap informasi yang disampaikan.

 Tiada kata yang dapat disampaikan kecuali terima kasih yang tulus ikhlas atas segala perhatian yang diberikanterhadap modul ini dan bila ternyata nantinya masih terdapat ketidak jelasan dalam modul ini kiranya dapat menyampaikan informasi tersebut kepada penyusun.




Bukittinggi,     September 2014























BAB I
PENDAHULUAN

  1. DESKRIPSI

Modul ini adalah salah satu pedoman yang ditujukan untuk membantu siswa siswi sekolah menengah kejuruan bidang akomodasi perhotelan di dalam mempelajari unit ini. Unit kompetensi yang akan dipelajari adalah bidang Front Office, yaitu Menyediakan Layanan Akomodasi Reception.

Salah satu seksi dibagian Kantor Depan atau penerimaan tamu yang dalam bahasa inggrisnya disebut dengan Reception. Pada seksi inilah tamu yang tiba untuk mendapatkan kamar, disambut dan didaftarkan dan ditentukan kamarnya, disamping itu juga diberikan informasi baik mengenai fasilitas kamar maupun fasilitas lainnya. Kegiatan yang diklaksanakan dibagian penerimaan tamu merupakan pusat kegiatan hotel.

Materi yang dikaji dalam modul ini mencakup ruang lingkup dua aspek penting dalam penerimaan tamu tiba, yaitu penerimaan tamu tiba dengan memesan (reservation) dan yang langsung datang atau disebut juga dengan walk in guest dan dalam modul ini hanya mengkaji mengenai proses Menyiapkan kedatangan Tamu secara khusus.

Persiapan yang baik dan teliti dalam penerimaan menyiapkan kedatangan tamu, sangat penting, demi terciptanya kelancaran dalam menjalankan aktivitasnya. Peran dalam menyiapkan kedatangan tamu bagi hotel adalah sangat utama yang harus selalu dijaga oleh seksi penerima tamu (reception) demi terciptanya citra baik bagi hotel.  

Kompetensi yang akan dicapai dalam modul ini adalah mengaplikasikan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menyediakan  layanan Akomodation Reception bagi tamu, yang merupakan tempat pertama dan terakhir bagi tamu untuk mendapatkan pelayanan dalam perusahaan akomodasi komersil, sehingga kesan dan citra hotel salah satunya bergantung padanya.














  
1.      URAIAN MATERI 1

I. Menyiapkan Kedatangan Tamu

A. Persiapan Diri

Sudah menjadi rahasia umum bahwa penilaian pribadi seseorangdapat dilihat dari penampilan, cara berdandan, gaya bicara, dan cara berpakaian termasuk tingkah lakunya, seseorang yang ingin bekerja di bidang perhotelan harus berpenampilan yang baik , hal ini penting karena sangat mempengaruhi kesan yang ditangkap oleh para tamu hotel. Penampilan dan pelayanan yang baik akan membuat tamu senang dan kerasan tinggal di hotel kita.

Mengingat peran staf kantor depan seperti tersebut diatas adalah sangat penting maka mereka dituntut untuk memiliki sifat sebagai berikut :

1.      memiliki kebiasaan rapi dan bersih dalam penampilan ditempat  tugas dengan kriteria sebagai berikut:
a. Pakaian seragam bersih dan rapi.
b.      Rambut disisir rapi, bagi pria beraambut pendek. Bagi wanita berambut panjang menggunakan ikat rambut berwarna hitam.
c. Kuku selalu bersih dan pendek.
d.      Telinga bertindik tidak lebih dari satu bagi wanita dan bagi pria tidak bertindik.
e. Aroma parfum yang dipilih lembut.
f. Perhiasan yang dikenakan tidak berlebihan.
g.Sepatu berwarna hitam dan bersih, kaos kaki tidak berbau.

2.      Perawatan Diri
a. mandi teratur setiap hari
b.memelihara kesehatan tubuh tetap bugar
c. kurangi bau badan
d.      membersihkan gigi dan kurangi bau mulut
e. selalu membersihkan hidung dan telinga
f. membersihkan kuku
g.membersihkan kumis dan jenggot

3.      Percaya diri
4.      Kemampuan bekomunikasi
5.      Memecahkan masalah secara psikologis
6.      Diplomasi
7.      Ketenangan
8.      Kemampuan dala mengingat nama dan wajah tamu
9.      Menerapka tata cara dan etika dengan tepat
10.  Kesegaran jasmani
11.  Mampu membuat keputusan dengan tepat dan cepat
12.  Disiplin dalam pelaksanaan  

        
B.     PersiapanFormulir dan Perlengkapan

1.
Registration card
Formulir pendaftaran untuk memperoleh data/informasi yang lengkap tentang tamu yang diperlukan oleh hotel sebelum tamu menempati kamar hotel.
2.
Guest card
Kartu tamu yang dikeluarkan oleh penerima tamu untuk diberikan kepada tamu yang menginap dihotel sebagai tanda bukti bahwa dia menginap dihotel.
3.
Room rack slip
Lembaran informasi tentang data tamu yang menginap dihotel yang ditempatkan di room rack sesuai dengan nomer kamar tamu.
4.
Guest bill
Rekening tamu atas transaksi yang dilakukan oleh tamu selama menginap di hotel.
5.
Arrival list/book
Formulir/daftar isian untuk tamu yang tiba pada hari tersebut.
6.
Daftar A
Formulir yang berisikan tentang data tamu yang menginap dihotel untuk dilaporkan kepada pihak kepolisian.


C.    Persiapan Alat-alat di Kantor Depan

1.      Rak status kamar/room rack adalah alat yang secara visual menyatakan status masing-masing kamar yang ada di hotel.
2.      Kotak kunci dan surat/key and mail rack adalah alat yang digunakan untuk menempatkan kunci dan surat untuk masing-masing kamar tamu hotel. Biasanya digabungkan dengan rack kunci.
3.      Mesin cap waktu/time and date stamping machine adalah alat yang digunakan untuk memberikan tanda waktu pada surat -surat ataupun pada kartu pendaftaran yang masuk.
4.      Mesin ketik atau komputer adalah mesin yang digunakan untuk mengetik berbagai keperluan seperti membuka rekening tamu/guest slip dan lain-lain.
5.      Kalkulator adalah alat yang digunakan untuk menghitung bilangan.
6.      Alat tulis menulis adalah berbagai alat tulis yang digunakan untuk keperluan penulisan formulir, seperti : pulpen, pensil, penggaris, penghapus pensil. 


D.    Prosedur pelayanan penerimaan tamu tiba tanpa pemesanan kamar (Walk in Guest)

1.      Menerima tamu tiba

Menerima tamu tiba adalah merupakan kegiatan kantor depan yang paling penting, karena :
a.       Akan merupakan pengalaman dan kesan pertama bagi tamu kecuali tamu langganan.
b.      Keberhasilan dalam menerima tamu tiba akan membawa dampak positif bagi hotel.
c.       Merupakan suatu kesempatan baik dalam memperkenalkan dan menjual produk dan fasilitas hotel.

Menerima tamu tiba oleh penerima tamu merupakan suatu kegiatan yang diawali dengan menyambut tamu pada saat menghampiri meja pendaftaran (Registration counter) sampai melepas tamu untuk menuju ke kamar dengan diantarkan oleh bellboy.


2.      Posedur Penyambutan Tamu

a.       Petugas dalam keadaan siap menyambut tamu dengan sikap badan yang baik, muka ceria, tempat kerja rapi dan bersih, peralatan dan bahan siap untuk dipakai.
b.      Sapalah tamu saat ia menghampiri meja pendaftaran dengan :
·                     Mengucapkan salam, sesuai denga waktunya misalnya : “Selamat pagi/siang/sore, selamat datang di hotel .....
·         Tanyakan keadaan : Apakah perjalanannya menyenangkan ?
·         Tanyakan pula apa yang dapat anda bantu.

c.       Bila sedang menangani suatu pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, seperti sedang berbicara dengan seorang tamu, maka tamu yang tiba disapa saja dahulu dan sampaikan padanya bahwa anda akan melayaninya segera.
d.      Dalam hal tamu yang baru tiba sudah kita kenal maka sapalah dengan menyebut namanya misalnya : Selamat pagi Pak Oky
e.       Bila lebih dari seorang tamu yang tiba dimeja pendafran maka beri salam kepada mereka yang tiba terlebih dahulu dan diteruskan kepada yang datang berikutnya.
f.       Bila ada  dua tamu atau lebih yang tiba, ada diantaranya yang anda kenal dan ada yang tidak, maka sambut mereka tanpa membeda-bedakan , hindarilah pilih kasih.       


3.      Langkah-langkah menerima tamu tiba tanpa pemesanan kamar :

a.       Sikap petugas dalam keadaan siap menyambut dengan wajah ceria, rapih dan bersih.
b.      Menyapa tamu saat menghampiri meja pendaftaran dengan :
v  Mengucapka salam sesuai dengan waktunya.
Misalnya : “Selamat pagi, Selamat datang di Nusaraya Hotel” atau “Good Morning, Well come to Nusa Raya Hotel” 

v  Menanyakan keadaan atau perjalanannya.
Misalnya : “Bagaimana Perjalanan Bapak Atau Ibu” atau “How about you trip sir/madam ?
v  Menawarkan bantuan
v  Gunakan nama tamu bila telah mengenal sebelumnya seperti “Selamat Pagi, Pak Oky” atau “Good Morning Mr Oky
c.       Tanyakan kepada tamu apakah telah membuat pemesanan kamar sebelumnya seperi : “Apakah Ibu/bapak sudah memesan kamar sebelumnya ?” atau “Have you make reservation before, sir/madam”
d.      Tanyakan keinginan/kebutuhan kamar yang diperlukan oleh tamu dengan menanyakan :
v  Jumlah dan jenis kamar yang diperlukan
v  Jumlah orang yang dimenginap
v  Lama tamu tinggal dihotel
e.       Mengecek kamar yang diperlukan oleh tamu pada room rack
f.       Tawarkan kamar sesuai yang diinginkan oleh tamu dan jelaskan pula fasilitas dan harga kamar secara lengkap. Usahakan menawarkan dengan dua jenis kamar yang berbeda harganya dan masing-masing memiliki kelebihan dan dapat pula mulai menawarkan denga harga yang sedang.
g.      Tanyakan dengan jelas nama tamu untuk kejelasan baik dalam mengucapkan maupun penulisannya.
h.      Setelah tamu menetapkan pilihan, mintalah tamu untuk mendaftarkan diri dengan mingisi kartu pendaftaran (Registration card). Dapat pengisian kartu pendaftaran dapat dilakukan oleh tamu sendiri atau oleh petugas yang melakukannya dengan meminjam kartu tanda pengenal dari tamu yan bersangkutan. Ingatkan tamu untuk menandatangani kartu pendaftaran. Bantu tamu bila tamu mengalami kesulitan dalam dalam melengkapinya.

Formilir ini di isi oleh tamu pada saat ceck in yang berguna sebagai dasar untuk mengetahui identitas tamu sekaligus sebagai dasar pembenan rekening tamu.     
Isi formulir : Nama dan Kebangsaan tamu, Tanggal Lahir, Pekerjaan, Identitas (Pasport, KTP, SIM), Alamat, Tanggal datangan dan Pergi, dan lain-lain.

















Bagan Prosedur Penerimaan Tamu Tiba
Tanpa Pemesanan Kamar


Mengucapkan salam
“ Okay Mr.Asep Saefulloh, I hope you have a nice stay in our hotel and if you need any assistance please dial number 2 for reception, number 3 for restaurant and number 4 for house keeping ”
 
 














































































Menyelesaikan Adiministrasi
1.      Arrival list/book
2.      Daftar A
3.      Room rack slip
4.      Guest Bill/Guest Account
 
 















E.     Tata administrasi prosedur pelayanan penerimaan tamu tiba tanpa   pemesanan kamar

      Setelah tamu diantar ke kamar oleh bellboy, pekerjaan
            selanjutnya yang harus dikerjakan oleh seorang
            receptionist adalah :

1.      Membuat Room Rack Slip/ Guest Slip

Dalam memudahkan pembuatan room rack slip atau
Guest slip maka dalam pengetikannya diketik bersama –
sama dengan rekening tamu / guest bill. Informasi yang
terdapat dalam slip berdasarkan pada kartu pendaftaran.
                  Jumlah slip dibuat 4 rangkap, yang akan ditempatkan
pada :
·         Rak kamar / Room Rack
·         Rak informasi / Information Rack
·         Rak operator telepon/ Telephone Operator Rack
·         Tata graha / Housekeeping



2.      Membuka Rekening Tamu /Guest Bill / Guest Account

Rekening tamu disebut juga guest bill atau guest account atau guest folio,yang terdiri dari tiga bagian yaitu :

v  Bagian kepala / Heading Guest Bill Informasi pada bagian ini sama dengan yang terdapat pada guest card.

v  Bagian tengah / Middle Guest Bill
      Digunakan untuk mencatat informasi tentang kredit tamu selama menginap tamu selama menginap di hotel, yaitu :
a. Tanggal transaksi
b.Tempat tran saksi, misalnya : laundry, coffee,   coffee  shop dll
c. Kredit
d.                                                                                         Debet
e. Balance
                              
v  Bagian bawah / Bottom Guest Bill
Pada bagian ini digunakan untuk mencantumkan :
a. Tanda tangan tamu
b.Penerima komisi
c. Penagihan
d.                  Keterangan lain yang penting yang berhubungan dengan instruksi pembayaran

Rekening tamu dibedakan menurut jenis tamunya menjadi 2 (dua)
masing-masing :
a. Rekening tamu perorangan atau individual guest bill
b.Rekening tamu rombongan atau group guest bill

Bagi tamu yang pembayarannya dilakukan sebagian oleh pihak ketiga seperti biro perjalanan, instansi, perusahaan dan sebagian oleh tamu sendiri akan dibuatkan dua jenis rekening tamu masing-masing :

a.  master bill untuk mencatat transaksi yang akan dibayar pihak ketiga
b. extra bill untuk mencatat transaksi yang dibayar oleh tamu langsung.

Rekening tamu dibuat petugas penerima tamu kecuali extra bill dibuat oleh kasir Kantor Depan. Adapun sumber informasi untuk membuet rfekening tamu adalah kartu registrasi dari tamu yang baru tiba. Bagi tamu rombingan adalah kartu registrsi dari pimpinan rombongan atau tour leader.

Proses pembuatan rekening tamu :

1.      Ambil selembar rekening tamu yang akan diketik dan satu tampel slip yang terdiri dari 4 lembar (sesuai ketentuan hotel)
2.      masukan pada mesin ketik, atur agar posisi slip di atas rekening tamu dan menutup bagian atas dari rekening tamu. Dengan jalan ini maka dengan sekali kerja akan terslesaikan dua pekerjaan yaitu slip rak kamar dan rekening tamu
3.      Ketik infotrmasi tamu dan informasi kamar dan lainnya berdasarkan informasi yang telah dicantumkan pada kartu registrasi dari tamu yang bersangkutan.

a.       Pada baris pertama diketik berturut-turut dari kiri ke kanan adalah :

-          nomor kamar
-          nama tamu dengan titelnya
-          jumlah orang
-          harga kamar
-          tanggal dan bulan keberangkatan

b.      Pada baris kedua diketik :
-          alamat tamu
-          tanggal dan bulan kedatangan

c.       Pada baris ketiga diketik :
-          kebangsaan tamu

d.      Pada baris keempat :
-          keterangan seperti misalnya potongan harga
-          inisial pembuat slip/rekening tamu

e.       Pada bagian bawah dari rekening tamu diketik antara lain :
-          instruksi pembayaran
-          uang muka yang diterima
-          nama dan alamat biro perjalanan yang membayar rekening tamu
-          nomor voucher/surat jaminan (guarantee letter) dan sebagainya.

4.  Keluarkan rekening tamu dengan slipnya dari mesin ketik dan periksa sekali lagi kebenarannya.
5. Periksa apakah tamu sudah tercatat pada buku kedatangan (arrival book)    dan daftar A ? Bila belum, catatlah.
6. Selanjutnya serahkan rekening tamu ini disertakan kartu registrasi kepada kasir FO.


3.      Mengisi buku kedatangan / Arrival book

Buku ini digunakan untuk mencatat tamu tamu yang tiba setiap hari. Kegunaan dari buku kedatangan ini adalah :
o   Data untuk statistik
o   Rekapitulasi penjualan kamar
o   Laporan perpindahan kamar





B. PROSEDUR PENDAFTARAN TAMU DENGAN PEMESANAN KAMAR

1.      Tujuan Pembelajaaran 2

Setelah  selesai mempelajari materi ini pada pemelajaran kedua ini di harapkan siswa mampu :

a.       menangani kedatangan tamu yang sudah memesan teeerlebih dahulu (reservation) dengan berbagai prosesnya.
b.      Menyiapkan dan mengisi format-format yang diperlukan.
  

2.      Uraian Materi

A.    Persiapan Diri

Persiapan diri pada prosedur pendaftaran tamu, dengan pemesanan kamar sama dengan persiapan diri paada prosedur pendaftaran tamu tanpa pemesanan  kamar, sehingga disini tidak perlu di uraikan lagi.

B. Langkah-langkah :

1.      Sambut kedatangan tamu dengan muka ceria dan ucapkan salam sambil tersenyum.
2.      Tawarkan bantuan.
3.      Karena tamu telah memesan kamar, tanyakan namanya. Bila nama tamu sudah diketahui, ambil slip pemesanan kamarnya dari rak dan tanyakan kembali kepada tamu apakah pemesanan kamarnya tetap seperti semula.
4.      Persilahkan tamu mendaftarkan diri dengan meletakkan kartu registrasi di depan tamu dan tawarkan pen. Bantu jelaskan pengisian kartu registrasi bila diperlukan.
5.      Pada waktu tamu mengisi kartu registrasi tandai daftar tamu akan tiba (expected arrival list) dengan tanda “V” dibelakang nama tamu bersangkutan sebagai tanda bahwa tamu telah tiba.
6.      Begitu juga tandai rak status kamar dengan menandai nomor kamar yang ditentukan bagi tamu (sesuai dengan jenis rak kamar yang dipakai).
7.      Ambil kunci kamar yang diperuntukkan bagi tamu tadi dan siapkan kartu tamu (guest card).
8.      Setelah tamu selesai mengisi kartu registrasi, periksa apakah informasi-informasi yang diperlukan sudah dilengkapi dan mudah dibaca. Bila tidak, mintalah penjelasan kepada tamu.
9.      Lanjutkan melengkapi pengisian kartu registrasi termasuk : nomor kamar, jumlah orang dalam kamar, harga kamar maupun paraf penerima tamu.
10.   Beritahukan tamu nomor kamarnya dan harganya.
11.   Berikan informasi singkat tentang fasilitas dan pelayanan yang tersedia di hotel seperti : restoran, bar, binatu, rekreasi dan sebagainya.
12.   Panggil bell boy dan berikan kartu tamu dan kunci kamar kepadanya. Minta agar ia mengantar tamu ke kamarnya.
13.   Ucapkan kata-kata “selamat beristirahat”.
14.   Selanjutnya lengkapilah pengisian catatan-catatan kantor depan berikut   ini : 
a.       Masukkan informasi tamu tiba pada buku kedatangan dan keberangkatan.
b.      Masukkan informasi tamu tiba pada daftar A untuk laporan kepada polisi setempat.
c.       Persiapkan rekening tamu.
15.  Bersamaan dengan rekening tamu ketik pula slip rak kamar. Semua informasi yang diperlukan dalam pengisian catatan-catatan di atas didasarkan pada kartu registrasi.
16.  Sampaikan rekening tamu disertai kartu registrasi dan voucher/guarantee letter kepada kasir kantor depan.
17.  Bagi-bagikan slip rak kamar kepada bagian-bagian yang memerlukan termasuk : informasi, telp.operator, tata graha, binatu, dan room service.

B.     Make a Reservation

Maksudnya adalah membicarakan masalah pemesanan kamar yang akan dibuat oleh tamu.

Hal – hal yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh receptionist pada saat tersebut antara lain :

·         Menanyakan apakah tamu telah membuat pemesanan atau belum
·         Menanyakan jumlah kamar yang diperlukan,  mulai kapan & lama tinggal dalam kasus ini bila tamu pertama kali datang ke hotel anda dan belum mengetahui kamar apa yang anda jual, kewajiban anda untuk menerangkan fasilitas kamar dan hotel yang anda miliki
·         Tanyakan cara pembayaran yang akan dilakukan
·         Bila tamu telah setuju persiapkan registration form agar tamu segera mendaftar

C.    Filling the registration

Ada dua kasus dalam pengisian registrasi yaitu : Keadaan pertama ialah kartu registrasi diisi oleh tamu bila keadaan dan situasi di meja registrasi sedang banyak tamu tiba yang dilayani. Keadaan kedua adalah kartu registrasi disi oleh  receptionist bila tamu yang dihadapi hanya satu orang.

1.      Bila counter sedang ramai oleh tamu tiba ikuti
Langkah berikut ini :

a.       Persilahkan tamu mengisi atau melengkapi sendiri kartu registrasi yang diberikan.

b.      Sementara tamu mengisi kartu registrasi, persiapkan guest card, welcome drink voucher ( bila ada ) dan kunci kamar.

2.      Bila sedang sepi, maka receptionist harus
mengambil tindakan sebagai berikut :
·         Minta identitas resmi yang dimilki oleh tamu untuk sementara dipinjam dalam pengisian kartu registrasi, seperti KTP,SIM, atau KIMS ( Kartu Ijin Menetap Sementara )
·         Isi data yang diminta pada kartu registrasi sesuai degan yang terdapat pada kartu identitas resmi tamu.
·         Tanyakan kepada tamu bilamana terdapat data yang diperlukan untuk pengisisan pada kartu registrasi tidak terdapat pada kartu identittas resmi tersebut, isi hingga lengkap.
·         Tamu dipersilahkan menandatangani kartu registrasi.
·         Isi guest card dengan data yang diminta

Berikuti cara pengisian registration card / form :

1.      Data untuk nama tamu diisi dengan lengkap
2.      Alamat tamu ditulis dengan lengkap dan jelas
3.      Penulisan tanggal dengan menggunakan dua desimal/ angka
4.      Harga kamar ditulis sesuai aturan yang digunakan atau yang berlaku
5.      Jenis / cara pembayaran ditulis dengan jelas sesuai dengan informasi yang di terima




E. Administrasi Penerimaan Tamu Tiba Dengan  Pemesanan

1. Arrival Book / List

Adalah buku atau lembar isian oleh receptionist untuk mencatat   semua tamu yang tiba pada hari itu.

2. Daftar A

Adalah lembaran informasi yang berisikan data Tamu yang menginap di hotel dalam satu hari untuk laporan kepada pihak kepolisian.


3.  Room Rack Slip / Guest Slip

Adalah lembaran informasi yang berisikan tentang tamu yang sedang menginap di hotel, yang dituliskan pada lembaran kecil berisikan tentang no kamar, nama tamu, jumlah tamu, harga kamar, tanggal keberangkatan dan kedatangan, alamat tamu,kewarganegaraan tamu, potongan harga jika ada dan inisial petugas. Lembaran ini dibuat4 rangkap yang akan diberikan ke bagian lain sebagai informasi bahwa tamu tersebut menginap dihotel, agar bagian lain dapat memberikan layanan kepada tamu tersebut Informasi yang terdapat pada guest slip diambil dari kartu registrasi


4. Guest Bill
   
    Adalah rekening tamu atas transaksi tamu selama  menginap di hotel yang belum dibayar dan akan ditagihkan kepada tamu bilamana tamu akan meninggalkan hotel. Data tamu sama dengan yang terdapat pada guest slip. Selanjutnya bila terjadi transaksi kredit akan dicatat dalam guest bill berdasarkan laporan dari bagian tamu melakukan transaksi.




Rangkuman
   
a.       Pendaftaran tamu dengan pemesanan kamar adalah tamu yang datang ke hotel dengan mesan kamar terlebih dahulu (reservation)
b.      Dalam menerima kedatangan  tamu pada saat sepi, receptionist harus mengisi kartu registrasi yang seharusnya di isi oleh tamu.
c.       Disamping mengisikan kartu registrasi tamu receptionist juga harus menyiapkan administrasi lainnya.  






C. DAFTAR TAMU KEBERANGKATAN TAMU


   A. Daftar tamu Berangkat (Expected Departure list)

Daftar tamu diharapkan berangkat atau Expected Departure List adalah laporan tentang tamu-tamu yang merencanakan akan berangkat pada suatu tanggall tertentu, laporan ini dibuat oleh penerima tamu tiap-tiap sore sehari sebelum tamu berangkat. Laporan ini dikirim kepada bagian-bagian atau seksi agar mereka mengetahui tamu-tamu yang merencanakan berangkat dan mereka dapat mempersiapkan segala sesuatunya untuk memberikan pelayanan sebaik-baiknya bagi keberangkatan tamunya.


B. Cara mempersiapkan daftar tamu yang akan berangkat :

1.      Ambil rak kamar, mulai rak kamar yang pertama (lantai I )
2.   Kutip dari slip rak kamar itu, mulai dengan nomor kamar yang paling kecil yang akan berangkat besok lihat tanda plastik segi tiga, informasi-informasi sesuai dengan yang diperlukan berturut-turut : nomor urut, nomor kamar, nama tamu, jumlah orang, angkutan, waktu dan catatan-catatan lainnya kalau ada.
1.      Lanjutkan dengan nomor kamar yang akan berangkat berikutnya.
2.      Bila rak kamar lantai I sudah selesai lanjutkan dengan lantai II dengan cara yang sama dan teruskan sampai seluruh kamar yang akan berangkat tercatat.
3.      Ketik rangkap 8 atau sesuai keperluan hotel dan dibagikan sebelum pukul 08.00 pada hari keberangkatan tamu.


C. Membuat Rekening Tamu


1.      Mempersiapkan rekening penunjang
2.  Sewaktu tamu check-out, semua rekening harus dicari dan diperiksa dari bagian-bagian berikut :
a. Toko makanan dan minuman
b. Minibar (housekeeping)
c.  Binatu
d.       Departemen operasional lainnya :
·         Toko bunga
·         Toko obat
·         Pusat kebugaran, dll

3.  Memeriksa ketetapan rekening tamu
·   Munculkan rekening tamu atau rekening utama
·         Periksa rekening dari outlet (restoran, bar, mini bar, binatu, dan room service, telepon dan pelayanan lainnya)
·   Periksa jumlah akhir

 

D. Prosedur Express Check-out :



Check-out cepat (express check-out) adalah proses check-out yang dilakukan oleh tamu sebelum keberangkatan sehingga memudahkan dalam mempersiapkan rekening tamunya yang lebih mempercepat proses check-outnya, biasanya tamu meninggalkan credit cardnya untuk proses pembayaran.
Prosedur express check-out :

1.      Tamu telah memberikan informasi mengenai waktu check-out dan kartu kredit untuk memproses pembayaran sehingga tamunya bisa lebih cepat
2.      Menyiapkan rekening tamu lalu di masukan dalam amplop
3.      Menyiapkan seluruh rekening penunjang digabungkan dengan rekening tamu
4.      Memanggil bellboy untuk menangani barang bawaan tamu
5.      Informasikan kepada departemen lain yang membutuhkan informasi mengenai keberangkatan tamu tersebut

D.    Check-out kelompok

Check out kelompok/group adalah proses check out yang dilakukan oleh pimpinan kelompoknya/groupnya. Prosedurnya :

1.      Periksa rencana keberangkatan yang dijadwalkan
2.      Selesaikan langsung dengan pimpinan kelompok
3.      Informasikan kepada concierge (untuk menangani barang-barang bawaan tamu, dll)
4.      Siapkan rekening utama
5.      Kumpulkan dan periksa semua rekening penunjang
6.      Atur pembayaran
7.      Kumpulkan kunci-kunci kamar
8.      Ucapkan salam perpisahan

 

F.  Jenis-jenis Catatan Data Front Office


1.      Data tamu tinggal di hotel
Data tamu dibuatkan dalam Daftar tamu yang tinggal di hotel (Guest in The House) merupakan daftar yang mencantumkan semua data tamu yang tinggal di hotel pada waktu itu. Dasar untuk membuat laoparn ini adalah pada Room Rack, laporan ini dibuat malam hari dan dikirim pada hari berikutnya tetapi kalau dengan sistem komputerisasi data ini terkirim secara otomatis ke outlet yang membutuhkannya.




2.      Menyusun rekapitulasi penjualan kamar

Room Sales Recapitulation adalah laporan rangkuman pendapatan penjualan kamar selama 24 jam dan keterangan-keterangan statistik. Laporan ini dibuat setiap hari berdasarkan laporan Room Count Sheet untuk hari yang sama. (lihat lampiran)

3.      Statistik Front Office

Statistik dibutuhkan oleh hotel dan pemerintah untuk :
a.       Melihat hasil usaha suatu hotel
b.      Untuk mengevaluasi suatu pelaksanaan kegiatan
c.       Untuk merencanakan suatu kegiatan baru
d.      Untuk mengambil langkah-langkah dalam penyelesaian suatu program dan untuk maksud lain

G. Dasar-dasar perhitungan Front Office :

1.      Average number of room occupied daily adalah rata-rata jumlah kamar yang terisi perhari :
Total number of rooms occupied for the period
           Number of days in the period


2.      Percentage of occupancy (persentase tingkat huni) :
Daily                        total number of rooms occupied         x          100 %
                     Total number of rooms available

To date  total number of rooms occupied for the period  x  100 %
               Total of rooms available for the period

3.      Percentage of double occupancy :
Number of paying guest – number of rooms paying guest  x  100
               Number of rooms paying guest

4.      Average room rate :
Daily    Total net rooms sales     x    Rp. …………   =  Rp. ……….
             Number of occupied rooms

To date  Total net rooms sales for the period            x    Rp. …….
               Total number of occupied rooms for the period


5.      Avarage length of stay :
Total arrival  +  total departure for the period         =     A
                             2
Number of rooms occupied for the period
                              A

Daftar distribusi untuk laporan dan catatan data front office
Laporan dan catatan Front Office harus didistribusikan kepada :
a.       General manager
b.      Departemen housekeeping
c.       Bagian pembukuan
d.      Bagian penjualan dan pemasaran
e.       Bagian pelayanan makanan dan minuman
f.Untuk pendataan

 

H. Prosedur Pindah Kamar


a.       Cari tahu jenis kamar apa yang diinginkan oleh tamu
b.      Periksa kamar yang tersedia
c.       Periksa kamar yang siap huni
d.      Minta bellboy untuk memindahkan barang tamu
e.       Informasikan kepada kasir Front Office
f.       Informasikan kepada bagian lain yang perlu mengetahui
g.      Pastikan bahwa kunci kamar yang lama telah diserahkan


I.  Penanganan No Show (tidak jadi datang)


a. Rencana kedatangan
b.Orang yang dapat dihubungi (contact person)
c. Kebijakan ketidakmunculan (pembebanan biaya)
d.      Biaya ketidakmunculan
e. Pendataan

Membebankan biaya atas ketidak munculan (No-show)

Prosedur :
a.       Hubungi orang yang telah membuat pemesanan
b.      Tanyakan mengapa pemesanannya tidak digunakan
c.       Beritahukan kepada mereka bahwa tamu yang tidak muncul (no-show) akan dikenakan biaya 50% dari tariff kamar (atau sesuai dengan kebijakan hotel)

J.  Perpanjangan Tinggal

1.      Nama dan nomor kamar tamu
2.      Kamar yang tersedia
3.      Lama tinggal
4.      Isi daftar pemesanan
5.      Informasikan kepada seluruh departement yang terkait

K.  Tata administrsi Keberangkatan Tamu

1.                                                                                                                                 Expected Departure List
Adalah daftar untuk mencatat data tamu yang diharapkan check out pada hari itu.
2.    Guest Bill
Adalah rekening tamu atas transaksi tamu selama menginap di hotel yang belum dibayar dan akan ditangih kepada tamu saat akan check-out. Rekening ini diisi dengan data tamu pada saat tamu baru check-in (membuka rekening tamu) dan pada saat mau check-out semua transaksi dimasukkan dalam rekening untuk menentukan total pembayaran tamu.


















BAB IV PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA




Buku atau sumber yang dapat kalian dapatkan untuk meningkatkan kemampuan kalian :

1. Operasional Kantor Depan, Endar . S
1. Penerimaan Tamu, BPLP Bali





























Tidak ada komentar:

Posting Komentar